Cara Sukses Menjadi Dropshipper Disemua Marketplace Indonesia

Dropship?, untuk pengertian dropship itu sendiri saya sudah jelaskan diartikel sebelumnya, sekarang kita memasuki tahap berikutnya yaitu cara, cara sukses menjadi dropshipper di semua marketplace Indonesia, berhubung yang akan kita bahas sekarang adalah cara, maka akan saya jabarkan sejelas mungkin, tanpa lebar-lebar kita langsung saja.

A. Pengertian Marketplace

Marketplace adalah sebuah lokasi atau pasar tepatnya via online dimana seller dan juga konsumen bertemu untuk melakukan interaksi jual beli barang atau produk yang disediakan oleh e-commerce dengan konsep marketplace.

Berikut contoh marketplace di Indonesia :

  1. Bukalapak

Bukalapak didirikan pada tahun 2010 dan Achmad Zaky selaku CEO dari marketplace tersebut, Achmad Zaky juga mengatakan bahwa saat ini terdapat sekitar 150.000 penjual dan 1,5 juta produk aktif di Bukalapak.

  1. Tokopedia

Berdiri pada awal 2009, Tokopedia dinilai sebagai pemimpin pasar dalam ranah marketplace online di Indonesia. Paling tidak, Tokopedia memiliki jumlah modal yang sangat besar berkat USD 100 juta (Rp 1,2 triliun) yang disuntikkan beberapa bulan lalu oleh Softbank Internet and Media Inc. dan Sequoia Capital.

  1. Elevenia

Diluncurkan pada bulan Maret 2014, perusahaan hasil joint venture antara XL Axiata dan SK Planet asal Korea Selatan ini memiliki 2 juta produk aktif dan melayani 8.000 order setiap harinya.

  1. Shopee

CEO Shopee, Chris Feng, mengatakan, sejak soft launching pada Juni tahun ini 2015 respon masyarakat Indonesia terbilang cukup baik. Terbukti sudah hampir 1 juta orang mengunduh Shopee.

Dan masih banyak lagi marketplace Indonesia yang tidak kalah hebatnya.

B. Langkah Langkah Menjadi Dropshipper Sukses

Untuk pembahasan kali ini kita singkap cara sukses untuk menjadi dropshipper di semua marketplace Indonesia, kali ini kita akan mencoba jualan di Shopee, kenapa Shopee? Marketplace sekarang yang lagi boomingnya adalah Shope karena cuman Shopee yang berani menyediakan layanan gratis ongkir, jadi secara otomatis pelanggan Shopee akan semakin meningkat tiap minggunya.

Untuk supliernya kita akan mencari di Tokopedia yang menyediakan layanan dropshipping.

Berikut langkah-langkah suksesnya :

1. Mencari Supplier

Untuk menunjang bisnis dropship anda, kalian harus mencari supplier yang terpercaya atau police online dan rating tinggi, kali ini kita akan mencari supplier dari tokopedia untuk dijual di Shopee.

Berikut langkah-langkah mencari supplier di tokopedia :

  • Buka halaman Tokopedia di browser anda
  • Setelah terbuka halamannya kita klik Masuk (kalau sudah mendaftar) dan sebaliknya
  • Sebelum ke langkah selanjutnya, kita tentukan dulu produk apa yang ingin kita jual, contoh kita ingin menjual produk fashion jaket Pria.
  • Langkah selanjutnya kita klik aja dikolom pencarian dan ketik “jaket pria”
  • Kemudian pilih produk penjualan untuk mengetahui produk yang laris dan murah.
  • Disini kita menemukan toko “CARTEXBLANCE” yang lumayan bagus dengan hasil produk yang sudah terjual cukup banyak 16,5 rb produk, ini menunjukkan bahwa toko ini bisa anda jadikan supplier toko online anda dengan mengirim pesan ke pemilik tokok untuk persetujuan dropshipping.
  • Setelah anda di ACC oleh pemilik toko tadi, kalian tinggal upload aja gambar produk yang ingin anda jual di toko online anda, untuk lebih professional anda bisa tambahkan watermark toko online anda pada gambar produknya.

2. Membuat Nama Toko

Setelah kita menemukan supplier di Tokopedia, kini saatnya membuat toko online anda dimarketplace Shopee, caranya sebagai berikut :

  • Buka halamannya shopee
  • Langsung klik daftar

Lakukan registrasi, bisa melalui Facebook / Email atau registrasi menggunakan No.Telephone dengan memasukan data sebagai berikut :

– Masukan Nomor Telepon , Kemudian Klik Verifikasi

– Masukan Kode Verifikasi yang anda terima melalui SMS       yang dikirim pihak shopee

– Masukan Username

– Password dan Konfirmasi Password

– Masukan kode Caphca

  • Jika sukses, kemudian pilih menu jual di ujung kiri
  • Anda akan melihat 7 menu seller shopee
  • Pilih menu pengaturan toko, kemudian isi data seperti dibawah ini :

– Nama Toko

– Diskripsi Gambar

– Diskripsi

– Logo/Foto Toko

– Banner Toko

– Kemudian Klik Simpan

  • Kemudian pilih jasa kirimku dan pilihlah kurir yang ingin anda aktifkan antara Lain :
    – GoSend Same Day
    –  JNE Reguler
    –  J&T Ekspress
    –  JNE Oke
    –  POS Kilat Khusus
    –  Go Send Instant

Usahakan kurir sama dengan supplier anda dan alamat toko anda harus sama juga dengan supplier anda, karena kalau tidak sama akan mengalami perbedaan harga ongkir.

  • Lanjut, pilih menu kartu/rekening bank. Tambahkan rekening untuk melakukan pembayaran maupun penerimaan uang hasil berjualan anda di Shopee .
  • Jadilah toko anda, untuk pengaturan lain anda bisa mengaturnya di pengaturan.

Jika sudah semua, anda tinggal uploud foto produk dan deskripsikan semenarik mungkin,

Kalian hanya menaikkan harga jual minimal 20.000, semisal supplier anda menjual 30.000, kalian bisa menjualnya dengan harga 50.000, lumayan kan?!

Coba bayangkan jika kalian berhasil menjual 100 produk, tinggal kalikan aja menjadi 2.000.000, bagaimana kalau 500 produk setiap bulannya? Fantastic.

Berikut kunci sukses selama mengelola toko online anda.

Kunci Sukses :

  • Sering-seringlah aktif di toko online anda untuk menunjukkan ke customer bahwa toko anda emang aktif.
  • Cepat membalas pesan customer
  • Berikan gambar produk yang beresolusi tinggi tidak buram
  • Layani customer dengan senang hati untuk mengharap view yang positif
  • Tanggapi pesanan customer dengan cepat.
  • Selalu sabar dengan customer yang ini itu.

Semua kunci sukses diatas hanya untuk mendapatkan view positif untuk toko online anda kedepannya, jadi layanin customer anda dengan cepat, ramah dan full service.

Additional :

Jika kalian ingin membuka toko di marketplace lain prosedurenya hamper sama kita cuman upload foto produk dan jual. Kalau masalah supplier anda harus pintar-pintar memilih, supplier tidak hanya di Tokopedia. Shopee atau Bukalapak juga bisa asal minta ijin terlebih dahulu ke pemilik toko yang bersangkutan, jadi pintar-pintarlah membandingkan harga dan memilih supplier.

Demikian pembahasan kali ini, kita bertemu diartikel selanjutnya, ya bosque!

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *