5 hal Yang Perlu Dihindari Supaya Sensor Fingerprint Smartphone Bisa Awet

Mempunyai smartphone dengan berbekal FingerPrint memang ada keseruan tersendiri, selain terliat lebih canggih juga tidak perlu repot-repot membuka kunci handphone anda dengan pin atau pola kunci yang harus anda ingat. Dengan kemudahan FingerPrint, tak heran anda jadi sering menggunakan vitur ini di smartphone anda, maka ada hal-hal yang harus anda ketahui dan hindari untuk menjaga keawetan Fingerprint smartphone anda.

Berikut hal-hal yang harus anda tau sebelumnya :

 

1. Daftar Lebih Dari 2 Jari

Kebiasaan pengguna smartphone fingerprint sekarang adalah mendaftar terlalu banyak jari bahkan 5 sidik jari sekalipun, sebenarnya kebiasaan seperti itu yang membuat sensor fingerprint smartphone anda menjadi lebih cepat rusak, dikarenakan smartphone terlalu banyak menyimpan data sidik jari yang takterpakai. Jadi daftarkan sidik jari anda cukup 2 sidik jari saja.

 

2.Keadaan Jari Basah

Pastikan jari yang kamu daftarkan untuk mengakses kunci smartphone tidak basah. Karena merupakan perangkat elektronik, sesuatu yang basah akan membuatnya cepat rusak, termasuk jari. Ingat ya, basah dan lembab itu berbeda.

 

3. Memindai Selain Jari

Selain jari sensor fingerprint juga bisa bekerja seperti telinga, bibir dll. Tapi kalau dilihat dari namanya FingerPrint sudah jelas diharuskan menggunakan sidik jadi anda, karena pemindahan dari sidik jari bisa menyebabkan sensor fingerprint kamu menjadi malfungsi.

 

4. Memakai FingerPrint Ketika Hujan

Ini salah satu yang sering dilakukan bagi user smartphone fingerprint membuka smartphone dalam keadaan hujan, basah saja tidak boleh apalagi hujan. Meskipun smartphone anda sudah dirancang anti air tapi tetap saja bisa masuk dari celah yang memungkinkan air bisa masuk dan bisa merusak sensor didalamnya.

 

5. Menggores Sensor FingerPrint

Sebenarnya tidak mungkin kalau kita menggores smartphone kesayangan, tapi bukan tidak mungkin tanpa ketidak sengajaan seperti jatuh atau tertindih, Soalnya, sensor pada permukaan scannernya memang dirancang khusus untuk mengenali pola-pola khas yang ada pada jari. Jika ada permukaan yang tergores, besar kemungkinan akan membuatnya tidak bisa dipakai lagi.

Itulah 5 hal yang harus anda perhatikan supaya fingerprint smartphone anda tetap terjaga dan awet sampai kakek-kakek.

 

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *